OTOMATIS LOGON VISTA DENGAN AMAN

Apakah Anda pernah berkeinginan untuk melewati proses login Windows Vista dan langsung bekerja? Anda bisa melakukan itu dengan menggunakan tool Advanced User Accounts. Gunung Sarjono 

1. BUKA TOOL

Untuk mengakses Advanced User Accounts yang tersembunyi pada Control Panel, klik tombol Start, ketik “Control Userpasswords2” pada boks Start Search, dan kemudian tekan [Enter]. Setelah melakukannya, Anda akan melihat kotak dialog UAC dan tekan OK sebagai respon. Tidak lama kemudian, Anda akan melihat Advanced User Accounts. Seperti yang Anda lihat, kotak dialog hanya berjudul User Accounts.

 

2. PILIH NAMA USER

Untuk mengonfigurasi otomatis logon, pilih nama user pada daftar Users for this computer, jika belum dipilih.   Selanjutnya hilangkan tanda centang ([1]) pada Users must enter a user name and password to use this computer. Setelah melakukannya, Advanced User Accounts akan tampak seperti pada gambar. Untuk melanjutkan, klik OK. Sebagai langkah terakhir untuk otomatis logon, Anda akan melihat kotak dialog Automatically Log On.

3. MATIKAN PASSWORD

Seperti tampak pada gambar di atas, Anda harus mengetik password di boks Password dan Confi  rm Password. Untuk menyelesaikan proses, klik OK. Untuk mengetes otomatis  logon,  restart komputer. Setelah melakukannya, Windows Vista akan otomatis logon dengan nama user yang Anda pilih pada langkah sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa melakukan otomatis logon membuat sistem Anda terbuka lebar bagi semua orang yang bisa mengakses komputer Anda. Untungnya, Anda masih bisa tetap melindungi Vista dengan password.

 

4. BUAT SHORTCUT KUNCI (1)

Anda bisa mengunci sistem dengan mengklik tombol Start, dan mengklik icon Lock di bagian bawah panel kanan menu Start. Anda juga bisa mengunci sistem dengan menekan [Windows]+L. Pada waktu sistem terkunci, satu-satunya cara untuk masuk lagi adalah dengan mengetik password. Namun, Anda bisa juga mengunci sistem dengan mengetik serangkaian perintah pada command line. Untuk mempermu-dah di sini kita buat shortcut. Pertama, klik kanan pada desktop dan kemudian pilih New, Shortcut untuk menjalankan Create Shortcut wizard.

 

5. BUAT SHORTCUT KUNCI (2)

Selanjutnya, ketik perintah berikut: rundll32.exe user32. dll, LockWorkStation ke dalam boks Type the location of the item, seperti yang tampak pada gambar. Perhatikan huruf besar pada LockWorkStation pada waktu Anda mengetik perintah—jika hurufnya tidak cocok, shortcut tidak akan berfungsi. Klik Next dan ketik “Lock It Down” pada boks Type a name for this shortcut. Selanjutnya, klik Finish. Untuk memastikan apakah bekerja dengan baik, klik ganda shortcut. Setelah memastikan shortcut bekerja dengan baik, Anda bisa memasukkannya ke folder Startup.

 

6. MASUKKAN KE STARTUP

Seret dari desktop dan arahkan ke tombol Start. Pada waktu menu Start terbuka, arahkan ke All Programs dan kemudian arahkan ke folder Startup sampai terbuka. Akhirnya, jatuhkan shortcut ke dalam folder Startup. Sekarang pada waktu Anda menyalakan atau me-reboot sistem, Windows Vista akan otomatis logon dengan account Anda dan kemudian segera menampilkan layar Welcome yang menandakan bahwa system dalam keadaan terkunci. Namun, semua program startup Anda yang lain tetap dijalankan secara background.

 

OTOMATIS LOGON

Melakukan otomatis logon pada dasarnya hanyalah memilih nama  Anda pada kotak dialog User Accounts dan menghilangkan tanda  centang ([1]) pada Users must enter a user name and password to  use this computer. Namun, ini hanya bisa dilakukan pada setting  “home”, di mana hanya Anda satu-satunya orang yang menggunakan komputer Anda. Cara yang kita lakukan tidak bisa dilakukan  pada komputer Windows Vista yang terhubung ke domain.  Perlu diingat bahwa melakukan otomatis logon memang bukan merupakan tindakan yang bijaksana. Meskipun itu membuat Anda nyaman, komputer Anda sudah pasti bisa diakses oleh orang lain yang kebetulan menyalakannya. Untungnya, Anda masih bisa otomatis logon ke Windows Vista dan tetap melindungi sistem dengan password. Dengan cara ini, Anda bisa menyalakan kom-puter dan mengambil secangkir kopi. Pada waktu Anda kembali, sistem telah logon, menjalankan semua program startup, dan siap Anda gunakan untuk bekerja. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetik password.

 

Sumber : PC Media

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: